Langsung ke konten utama

Mengenal Apa Saja Jenis – Jenis Traffic Website

 

Mengenal Apa Saja Jenis – Jenis Traffic Website      

Traffic merupakan elemen pentindalam digital marketing. Makin tinggi traffic pada sebuah website, makin besar pula peluang Anda sebagai digital marketer untuk menarik perhatian audiens sekaligus monetisasi situs yang dikelola. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis traffic website yang dapat dioptimalkan untuk memperoleh keuntungan maksimal?


Traffic menjadi elemen penting saat marketer ingin meningkatkan pemasaran secara daring dengan menggunakan SEO website. Setidaknya terdapat 5 jenis traffic website dengan keunggulannya masing – masing yang dapat digunakan untuk digital marketing.

  1.   Direct Traffic

Direct traffic menunjukkan bahwa orang – orang sudah mengenal brand Anda, kemudian mereka mengetiknya sendiri pada kolom pencarian. Misalnya nama toko adalah Bintang Mas, maka mereka akan langsung mengetiknya di browser.

Penggunaan direct traffic membutuhkan kerja keras dalam membangun brand awareness pada audiens. Dapat dilakukan dengan melakukan advertising online maupun offline.

Contohnya menyewa billboard, menyebarkan pamflet, dan sebagainya. Namun terlepas dari kelebihan tersebut, penggunaan direct traffic kurang efektif dalam waktu jangka panjang.

2.    Referral Traffic

Menggunakan referral traffic juga dapat memaksimalkan SEO website. Referral traffic merupakan jenis traffic website yang efektif, sebab pengunjung akan masuk ke website Anda lewat situs web lain.

Jadi mereka akan mengklik link situs web Anda yang ada di website lain. Referral traffic dapat dilakukan dengan guest blogging lalu menginput link website Anda ke situs web orang lain tersebut.

3.    Social Traffic

Jika seseorang menemukan link melalui media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan sebagainya, kemudian mengklik dan menuju situs website Anda, maka ini disebut sebagai social traffic.

SEO website menggunakan social traffic ini membutuhkan jumlah followers yang banyak di media sosial tersebut. Sementara di Facebook, Anda dapat membangun komunitas atau fanpage agar social traffic semakin meningkat.

4.    Paid Traffic

Sesuai namanya, paid traffic merupakan jenis traffic website yang bisa didapatkan dengan menggunakan iklan berbayar yang disebut dengan SEM. Paid traffic bentuknya website yang ada di kolom paling atas halaman pencarian.

Pada sisi pojok kiri judul terdapat tulisan “iklan,” Para marketer akan membayar pihak ketiga untuk memasang iklan Google Ads. Biaya yang dikenakan tergantung jumlah klik atau PPC (Pay per Click).

5.    Organic Traffic

Berbeda dari paid traffic, SEO website menggunakan organic traffic justru tidak menggunakan iklan berbayar atau gratis. Audiens akan datang ke situs web Anda karena merupakan hasil penelusuran organik.

6. Bot Traffic

Jenis traffic yang terakhir ini jarang diketahui karena bot traffic bukanlah tipe traffic yang lazim digunakan. Apalagi istilah bot traffic memiliki konotasi negatif, dikarenakan bukan manusia yang mengunjungi dan mendatangkan traffic ke website kita. Salah satu tipe bot traffic yang digunakan adalah Googlebot, software peningkat traffic yang dikembangkan oleh Google.Jadi, itulah berbagai jenis traffic pada website yang perlu kita ketahui. Ke depannya, kita bisa mengetahui dan memetakan asal muasal pengunjung situs kita, sehingga kita bisa mengetahui channel apa yang harus ditingkatkan untuk mendapatkan traffic kita. 

Misalnya mereka mencari suatu barang pada kolom pencarian, lalu menemukan sebuah website, kemudian web tersebut dikunjunginya. Organic Traffic sangat efektif untuk jangka panjang. Agar banyak meraup untung, maka perlu memaksimalkan SEOnya.Itu dia lima jenis traffic website yang harus kamu ketahui untuk mengoptimalkan website yang dikelola.

Perhatikan satu per satu jenis traffic di atas. Kemudian, lakukan optimasi yang tepat di setiap traffic tersebut.

Komentar

Terbaru

Apa yang dimaksud, content Delivery Network

Breed...  Apa itu Content Delivery Network atau yang biasa disingkat CDN? Sederhananya sebuah Content Delivery Network (CDN) adalah sebuah jaringan server yang tersebar di beberapa negara di semua belahan dunia. Tujuan dari dibuatnya Content Delivery Network ini adalah untuk mengatasi perlambatan waktu muat pada sebuah halaman website yang diakses ribuan mil dari lokasi servernya. Waktu muat ini muncul bukan hanya karena masalah jarak saja tapi juga masalah routing dari halaman web tersebut. Jadi dengan menggunakan CDN maka file anda akan disimpan di beberapa server di negara yang berbeda. Jadi orang-orang yang akan mengakses halaman web anda akan mengaksesnya dari server yang terdekat, sehingga waktu muatnya jadi lebih cepat. Apakah kamu memerlukan CDN !! Content Delivery Network (CDN) adalah salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan dalam memebuat website.  Hanya saja ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sebelum anda mempertimbangkan apakah anda memerlukan Content De...

[looh] Private Blog Network : Mitos dan Risiko Ternak Blog

Breed.... Praktik Private Blog Network (PBN) mengklaim berfungsi karena menghasilkan backlink, apakah memang benar?atau belum tau sama sekali....  Ilustrasi gambar PBN Jika ingin meningkatkan traffic organik situs web atau blog, kita tidak dapat mengabaikan pentingnya link building atau membangun tautan. Google telah mengkonfirmasi pada tahun 2016 bahwa backlink adalah salah satu dari tiga faktor ranking, di samping konten dan RankBrain. Link building adalah taktik SEO yang kuat, dan tautan yang tepat dapat meningkatkan peringkat dan visibilitas organik. Namun, mendapatkan backlink bukan pekerjaan gampang. Setidaknya dengan menggunakan taktik yang tidak melanggar Pedoman Webmaster Google. Beberapa pemain SEO memilih untuk menggunakan taktik yang melanggar pedoman ini untuk mempercepat pertumbuhan organik situs web mereka, salah satunya dengan metode Private Blog Network (PBN). Dalam artikel ini, kita akan menyelam jauh ke dalam taktik link building yang kontroversial ini dan memba...

Para Master atau mastah seo Marketing Online di Indonesia

  Pakar SEO dan Ahli SEO Indonesia Percaya ngga, ternyata di Indonesia sudah semakin banyak pakar SEO ( search engine optimization ) lho. Hal ini bisa kita lihat dari semakin maraknya layanan sekolah SEO, pemasaran online, dan jasa yang menawarkan optimasi website agar masuk ke halaman utama di mesin pencari Google. Tapi sebelumnya kita harus tahu dulu apa itu SEO, berdasarkan definisi yang saya baca di wikipedia SEO itu adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Sedikit membahas tentang SEO, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum menerapkannya dalam website kita. Kita harus mengenal apa itu SEO dan apa gunanya buat bisnis Anda. Dalam optimasi di mesin pencari, ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi posisi sebuah website di halaman pencarian search engine terut...