Langsung ke konten utama

CARA MENGGABUNGKAN SEO DAN UX UNTUK MENINGKATKAN PERINGKAT SITUS WEB kamu

Ilustrasi gambar sumber :tanya digital


Breed..... Hubungan UX website dan SEO – UX disebut juga dengan User Experience yang mana sering disamakan dengan UI atau User Interface. Sedangkan UX website dan SEO Gagasan bahwa pembuatan tautan dan kata kunci adalah satu-satunya dua faktor dalam SEO adalah salah satu yang sering dipegang oleh pemasar pemula. SEO melampaui ini, bahkan jika itu adalah komponen penting dari pendekatan kamu. 


Parameter pengalaman pengguna adalah yang paling penting yang diperhitungkan Google saat memberi peringkat situs web kamu .


Berikut adalah bagaimana desain UX dan SEO berhubungan satu sama lain dan bagaimana menggabungkannya secara efektif.


Pengalaman Pengguna adalah dasar dari SEO

Google telah maju secara signifikan selama beberapa tahun terakhir dengan tujuan untuk terus meningkatkan pengalaman pengguna.



Mesin pencari membuat berbagai perbaikan pada SERP dan revisi algoritma yang ketat untuk memisahkan gandum dari sekam dan memberikan hasil yang berkualitas tinggi, handal, dan relevan kepada pengguna. RankBrain adalah ilustrasi ideal tentang betapa pentingnya UX bagi Google.


Bahkan jika kamu memiliki bisnis lokal, kamu harus memiliki strategi SEO lokal yang menggabungkan pengalaman pengguna jika kamu ingin menarik pengunjung baru ke situs web kamu. 


Efek RankBrain pada Peringkat kamu 

RankBrain adalah salah satu komponen peringkat yang paling signifikan. Berfokus pada data yang mencerminkan perilaku pengguna, seperti rasio pentalan, RKT organik, halaman per sesi, dan waktu tunggu, Rank Brain memberi tahu Google apakah pengguna bersenang-senang menggunakan situs web kamu . Iklan



Situs web kamu adalah sumber daya yang ramah pengguna jika pengguna dapat dengan mudah menavigasi antar halaman, mengklik tautan kamu , menghabiskan banyak waktu di halaman kamu, dan kembali ke situs kamu. 


Di sisi lain, Google akan diberi tahu bahwa situs kamu kurang dioptimalkan atau tidak relevan bagi pengguna Anda jika seseorang meninggalkan situs kamu tanpa mengambil tindakan lebih lanjut, segera kembali ke hasil pencarian setelah mendarat di halaman, dan tidak pernah kembali lagi.

Membuat pengguna senang adalah dasar dari UX dan SEO

RankBrain hanyalah salah satu dari banyak contoh yang menunjukkan bagaimana UX dan SEO memiliki tujuan yang sama. Kamu pasti ingat bahwa salah satu strategi paling populer untuk peringkat tinggi di masa lalu adalah menargetkan dan mengoptimalkan kata kunci pencocokan tepat.



Hari ini, kamu harus menempatkan diri kamu pada posisi para pencari agar tampil di depan mereka dan mendapat peringkat tinggi di SERP. Dengan kata lain, kamu harus memahami tujuan mereka membeli dan memeriksa pola pencarian mereka.


Salah satu contohnya adalah pengoptimalan pencarian suara, yang menurut firma SEO Four Dots yang berbasis di New York, telah menjadi komponen penting dari strategi SEO kamu . Google ingin memberi pengguna pengetahuan yang mereka butuhkan untuk memecahkan masalah mereka dan menemukan jawaban atas pertanyaan mereka.


Karena itu Anda harus mengoptimalkan konten kamu untuk kata kunci ekor panjang berbasis pertanyaan yang lebih banyak percakapan jika kamu ingin muncul di hasil pencarian suara. Iklan



Desain situs web kamu datang berikutnya. Tujuan SEO adalah untuk meningkatkan visibilitas kamu dan membantu kamu mendapatkan peringkat yang baik di Google. Namun, UX hadir untuk memungkinkan pengunjung situs web kamu menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan lebih cepat, menunjukkan profesionalisme kamu , dan meningkatkan pengenalan merek.


Praktik Terbaik untuk Menerapkan Desain SEO dan UX

Contoh-contoh yang disebutkan di atas dengan jelas menunjukkan bahwa meningkatkan upaya SEO kamu tanpa mempertimbangkan pengalaman pengguna adalah hal yang mustahil.


Namun, memulai dari awal dan tanpa membuat situs kamu ramah mesin pencari juga merupakan kesalahan besar. Kedua elemen situs web kamu ini harus dimasukkan sejak awal karena keduanya berjalan beriringan. Berikut adalah beberapa tindakan penting yang perlu kamu ambil sebagai akibat dari itu. Iklan

Tingkatkan kecepatan memuat halaman

Kecepatan halaman telah lama menjadi salah satu faktor peringkat Google yang paling penting, tetapi dengan Pembaruan Kecepatan terbaru, itu menjadi lebih penting. Tahukah kamu , misalnya, bahwa penundaan 1 detik dalam waktu buka situs web menghasilkan penurunan 11 persen dalam tampilan halaman?


Kedua, pemuatan halaman yang lambat menurunkan pengalaman pengguna secara keseluruhan dan tingkat konversi kamu . Hampir setengah dari pengunjung kamu akan keluar dari situs web kamu jika tidak dimuat dalam 2 detik atau kurang. Tentu, ini juga akan berdampak pada tingkat retensi kamu .



Sekarang ada beberapa teknik untuk meningkatkan kecepatan website kamu , antara lain: Iklan


Memilih paket hosting yang tepercaya
Memanfaatkan cache browser

Memilih gambar berkualitas tinggi tetapi mengurangi ukurannya dengan memangkas dan mengompresinya

Menghilangkan format multimedia putar otomatis Iklan

Menggunakan pemuatan malas

Membeli jaringan pengiriman konten

Sederhanakan arsitektur situs web kamu

Cara halaman situs web kamu diatur dikenal sebagai arsitektur situsnya. Dari perspektif SEO, situs web yang dirancang dengan baik akan memudahkan Google untuk menemukan dan mengindeks halaman kamu sambil memastikan bahwa otoritas tautan dipindahkan secara konsisten dari halaman otoritas tinggi ke rendah.



Tata letak situs kamu memengaruhi pengunjung karena sebagian besar dari mereka menggunakan menu navigasi untuk menemukan halaman yang sesuai. Untuk alasan ini, kamu harus membuat navigasi situs web kamu lebih jelas, menulis label menu yang informatif, menyertakan CTA yang menarik , dan memastikan bahwa tidak lebih dari empat klik memisahkan laman mana pun dari beranda.


Investasikan di situs web yang responsif

Pentingnya pengoptimalan situs seluler tidak pernah lebih besar karena peningkatan konsumen seluler. Tidak memiliki situs yang responsif akan memengaruhi peringkat kamu dengan pengenalan pengindeksan seluler pertama oleh Google (ya, Google sekarang mengindeks versi seluler situs kamu di depan versi desktop).



Tujuan kamu saat ini adalah mengoptimalkan situs web kamu untuk penelusuran desktop dan seluler. Mulailah dengan memfokuskan perhatian kamu, meningkatkan ukuran font dan keterbacaan konten, menyingkirkan jendela pop-up yang mengganggu, menghapus bidang yang tidak berguna dari formulir, dan membuat tombol dan tautan CTA mudah untuk diketuk.


Desain UX Mempengaruhi Persepsi Pengunjung tentang kamu

Titik kontak awal antara kamu dan target pasar kamu adalah situs web kamu . Ini berfungsi sebagai ID internet kamu dan menyampaikan kepada pengunjung seberapa tepercaya dan berpengetahuan kamu . Karena itu, kamu harus memanfaatkan desain UX kamu untuk meningkatkan kesadaran mereka dan menumbuhkan rasa percaya.



Iklan

Jadikan merek kamu dapat dikaitkan dengan audiens target kamu, misalnya, dengan mengembangkan halaman budaya dan memanfaatkan kekuatan narasi. Untuk membangun kredibilitas kamu sebagai perusahaan, kamu juga harus menyertakan gambar karyawan, ulasan klien, dan testimonial.


Pastikan desain kami konsisten di atas segalanya. Pastikan semuanya, mulai dari warna dan font hingga konten visual di situs web kamu ya, mematuhi panduan gaya yang kamu buat.

Jadikan merek kamu dapat dikaitkan dengan audiens target kamu dengan, misalnya, mengembangkan halaman budaya dan memanfaatkan kekuatan narasi. Untuk membangun kredibilitas kamu sebagai perusahaan, kamu juga harus menyertakan gambar karyawan, ulasan klien, dan testimonial.


Pastikan desain kami konsisten di atas segalanya. Pastikan semuanya, mulai dari warna dan font hingga konten visual di situs web kamu , mematuhi panduan gaya yang kamu buat.


Menerapkan desain SEO dan UX ke dalam praktik mungkin tampak sulit saat ini, tetapi ini penting untuk meningkatkan peringkat dan menciptakan merek yang kuat. Pendekatan holistik yang berpusat pada pengguna terhadap kehadiran online Anda dapat membantu kamu mempertahankan kepuasan pengguna, membina hubungan yang bermakna, dan, sebagai hasilnya, menyampaikan kepada Google bahwa kamu adalah sumber daya online yang penting.

Cuss langsung pratekan, semoga websitemu merangkak naik.... Ok see you!!! 








Komentar

Terbaru

[auto loncat] Cara jitu meningkatkan peringkat website

Ilustrasi gambar sumber :abduweb Breed....  Saat ini tentu semua orang ingin websitenya memiliki peringkat yang baik di mesin pencari Google. Sudah menjadi rahasia umum bahwa dengan memiliki peringkat website yang baik apalagi untuk kata kunci yang jumlah trafik nya sangat tinggi, itu akan membuat brand Anda semakin dikenal, jumlah trafik meningkat dan bisa berujung pada peningkatan pendapatan. Anda perlu melakukan optimasi untuk mendapatkan peringkat website yang baik. Tapi setelah melakukan optimasi, bagaimana caranya Anda mengetahui peringkat website nya? Jika Anda ingin tahu bagaimana caranya melihat peringkat halaman Anda di Google, tulisan ini sangat cocok untuk Anda dan Kami sarankan untuk dibaca sampai akhir.  Pada kesempatan kali ini, Kami akan membahas tools apa saja yang bisa digunakan untuk melihat ranking website berikut panduannya cara mengetahui ranking artikel di Google. Selamat membaca. Kenapa Perlu Tahu Ranking Artikel di Google? Peringkat pertama di mesin pe...

Mengenal Apa Saja Jenis – Jenis Traffic Website

  Mengenal Apa Saja Jenis – Jenis Traffic Website       Traffic  merupakan elemen pentindalam  digital marketing.  Makin tinggi  traffic  pada sebuah  website , makin besar pula peluang Anda sebagai  digital marketer  untuk menarik perhatian audiens sekaligus monetisasi situs yang dikelola. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis  traffic website  yang dapat dioptimalkan untuk memperoleh keuntungan maksimal? Traffic menjadi elemen penting saat marketer ingin meningkatkan pemasaran secara daring dengan menggunakan SEO website. Setidaknya terdapat 5 jenis traffic website dengan keunggulannya masing – masing yang dapat digunakan untuk digital marketing.   1.    Direct Traffic Direct traffic menunjukkan bahwa orang – orang sudah mengenal brand Anda, kemudian mereka mengetiknya sendiri pada kolom pencarian. Misalnya nama toko adalah Bintang Mas, maka mereka akan langsung mengetiknya di browser. Pen...